Senin, 14 April 2014

TEORI GRAVITASI (PRINCIPLES OF GRAVITY)

  1.    Hukum Gravitasi Newton (Newton’s Law of Gravitation)
Hukum gravitasi Newton menyatakan bahwa besarnya gaya tarik menarik antar kedua partikel dengan massa m1 dan m2 yang dipisahkan oleh jarak r antar kedua titik pusat massanya, dimana G merupakan konstanta gravitasi 6.67 × 10 -11N m2/kg2.


  2.    Percepatan Gravitasi (Acceleration of Gravity)
Pada pengukuran medan gravitasi bumi yang terukur berupa percepatan gravitasi (g) yang merupaka laju perubahan benda bergerak dibawah pengaruh gaya gravitasi. Hubungan gaya gravitasi (F) dengan percepatan gravitasi (g) dinyatakan dalam hukum Newton II yaitu :
F = mg
Dengan mensubtitusikan hukum Newton I dan II, maka percepatan dari m2  akibat m1 dapat ditemukan dengan memisahkan F dari m2, yaitu:
g = (G m1 / r2) r1
Percepatan g sebanding dengan gaya gravitasi per massa akibat m1. Jika m1 merupakan massa bumi, Me, g menjadi percepatangravitasi, yaitu:
g = (Gme / Re2) r1
Re  merupakan jari-jari bumi dan r1 memperluas kebawah menuju pusat bumi. Pertama sekali percepatan gravitasi telah diukur oleh Galileo dalam eksperimentnya di Menara Pisa, sehingga satuan gravitimeter dalam Gal. Tingkat sensitivitas peralatan gravitimeter sekitar 10-5 Gal atau 0.01 mGal.

  3.    Potensial Gravitasi
Medan gravitasi bersifat konservatif, yaitu proses memindahkan massa dalam medan gravitasi yang tidak bergantung dari lintasan yang dilalui dan hanya bergantung pada titik akhir. Jika massa kembali keposisi awal, maka energi total adalah 0 tanpa memperhatikan jalur lintasan yang diikuiti. Proses ini dapat dikatakan sebagai energi kinetik (motion) dan energi potensial (position) adalah konstan dalam sebuah sistem. Medan gravitasi dapat dinyatakan suatu fungsi potensial skalar U(r), yaitu:






DAFTAR PUSTAKA

Telford,W.M.,dkk. 1990. Applied Geophysics Second Edition. Cambridge University Press. New York.
Wahid, Abdul. Survey Geofisika, Metode Gravitasi.PPT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar