Senin, 14 April 2014

METODE GRAVITASI

PENGANTAR
Pengukuran dalam metode gaya berat melibatkan pengukuran variasi medan gravitasi bumi. Tujuan pengukuran gaya berat adalah mencari nilai pengukuran gaya berat yang kontras (massa lokal lebih besar atau kecil dibandingkan kerapatan formasi disekitarnya) melalui berbagai analisa dan interpretasi sehingga menghasilkan anomaly dari wilayah pengukuran tersebut.
Target dalam pengukuran metode gaya berat berupa perbedaan kerapatan formasi dan sifat fisis yang terukur adalah percepatan gravitasi bumi. Setelah melalui proses pengolahan data percepatan gravitasi bumi, maka diperoleh anomali percepatan gravitasi bumi. Anomaly percepatan gravitasi bumi diperoleh akibat adanya perbedaan massa jenis berupa besaran fisis seperti rapat massa, kedalaman, volume atau struktur geologi.

Metode gravity biasa digunakan sebagai alat penyelidikan dalam berbagai kegiatan eksplorasi, walaupun tergolong mahal. Namun jika dibandingkan dengan metode seismik, metode gravity masih sangat murah. Dalam eksplorasi mineral, metode gravity biasa digunakan sebagai secondary method, tentunya digunakan sebagai tindakan lanjutan dari anomaly magnetik dan elektromagnetik selama survey base-metal terpadu. Metode gravity juga digunakan dalam bidang engineering dan archaeological studies, (Arzi, 1975).
   
Sumber: Abdul Wahid (Survey Geofisika, Metode Gravitasi)

Sumber: Abdul Wahid (Survey Geofisika, Metode Gravitasi)


DAFTAR PUSTAKA

Telford,W.M.,dkk. 1990. Applied Geophysics Second Edition. Cambridge University Press. New York.
Wahid, Abdul. Survey Geofisika, Metode Gravitasi.PPT





Tidak ada komentar:

Posting Komentar